Traveling bersama teman-teman adalah hal yang sangat menyenangkan. Selain bisa refreshing dan melepaskan penat, kamu bisa mendapatkan moment langka pastinya tak akan bisa tergantikan. Namun, sayangnya kegiatan traveling kadang jadi keluhan beberapa orang, biayanya yang mahal membuat orang mengurungkan niatnya untuk pergi berlibur dan akhirnya malah memutuskan untuk tinggal di dalam rumah saja sambil menikmati cemilan dan nonton TV. Padahal, kalau kamu mau, kamu bisa loh traveling ala Backpacker tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Nah, sebagai bahan pertimbangan berikut ini adalah tips menjadi backpacker pemula agar irit!

Rencanakan perjalan dengan matang dan diskusikan bersama teman travelingmu

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat sebuah perencanaan, ke mana tempat tujuanmu, bagaimana kondisi lokasinya, di mana akan menginap, bagaimana cara agar bisa sampai di lokasi liburan dan berapa biaya yang dibutuhkan.

Nah, disini kamu harus benar-benar mencari informasi se-detail mungkin mengenai lokasi wisata yang akan kamu tuju.

Kamu pertimbangkan apakah ada transportasi yang lebih murah? Misalnya saja, karena pesawat terlalu mahal kamu bisa menggantinya dengan bus atau kereta.  Kamu juga sebaiknya tidak merencanakan menginap di hotel, karena beberapa rumah warga di sekitar lokasi wisata biasanya siap untuk dijadikan tempat menginap dengan sewa yang tidak terlalu mahal. Selain bisa irit, kamu juga bisa lebih dekat dengan masyarakat, apalagi jika mereka memiliki adat tersendiri, kamu bisa belajar lebih banyak.

Oiya, kalalu tujuan lokasi wisatamu adalah pantai, kenapa tidak merencanakan menginap di tenda saja? Bisa lebih menyenangkan dan murah. Sedangkan untuk makan, daripada kamu ke restoran mahal, mending kamu membeli makanan di warung-warung tradisional miliki masyarakat setempat. Selain murah, biasanya rasa masakan khas daerahnya juga masih sangat asli. Atau bisa juga kamu membawa perbekalan dari rumah.

Kalau ada teman yang biasa backcpacker, kenapa tidak sekalian diajak saja?

Selanjutnya, kamu juga sebaiknya bisa mengajak teman yang sudah terbiasa backpacker. Dengan begitu kamu bisa lebih tahu bagaimana sebenarnya gaya traveling seorang backpacker saat berlibur. Tidak sedikit loh, backpacker yang malah mendapatkan penginapan gratis dari warga karena mereka sangat pintar mendapatkan hati warga.

Melakukan latihan fisik agar tidak cepat lelah

Traveling ala backcpacker berbeda dengan traveling berkoper yang bisa terbilang mewah dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Karena kamu seorang Backpacker, agar lebih praktis kamu harus membawa keril. Dengan membawa tas tersebut kamu harus mengerahkan tenaga untuk diri sendiri sepanjang perjalanan.

Karena biasanya tas keril akan sangat penuh dengan perbekalan traveling. Jadi, siapkalah fisik sebelum kamu akan berangkat. Ya, minimal 2 minggu sebelum keberangkatan kamu sudah melatih fisik dengan berlari setiap hari.

Kabari keluarga dan orang terdekat kalau kamu akan traveling

Tips menjadi backpacker permula selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah mengabari keluarga dan orang terdekat kalau akan traveling, bersama siapa, dan kemana. Apakah penting memberikan kabar? Tentu saja penting! Kamu bukan cenayang yang bisa mengira-ngira nanti akan terjadi sesuatu atau tidak. Sebagai langkah pencegahan jika memang terjadi sesuatu, seperti tersesat, orang-orang yang kamu kabari akan segera mencarimu.

Tapi, karena sekarang zaman sudah sangat canggih kamu sebenarnya bisa memanfaatkan smartphone saat sedang backpacker, baik untuk mencari jalan, mencari penginapan, dan yang lainnya.

Siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan!

Yap, kamu juga harus banget menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Jangan sampai kamu salah bawa perlengkapan. Misalnya, kalau kamu ke pantai dan menginap maka kamu harus mencari tenda, senter dan kantung tidur.

Kamu juga lebih baik membawa powerbank, untuk berjaga-jaga kalau batre handphone habis dan kamu tidak menemukan sumber listrik untuk men-charger. Pikirkan juga berapa potong pakaian yang akan dibawa, siapkan seperlunya saja karena kalau kebanyakan kamu akan repot saat harus membawanya di punggung.

Jangan gampang ngeluh dan hindari bergantung pada teman travelingmu

Saat kamu memutuskan untuk backpacker artinya kamu harus menyiapkan mental, jangan sering mengeluh, seperti “duh, capek” atau “kok, gak sampai-sampai sih?” dan yang lainnnya itu malah akan jadi beban buat kamu sendiri dan teman backpackermu. Kamu juga sebaiknya jangan terlalu bergantung pada teman backpackermu, misalnya minta dibawain barang bawaanmu karena kamu lelah. Tau nggak sih, dalam kondisi seperti itu temanmu juga sama lelahnya, namun dia menikmatinya jadi perjalanan traveling akan terasa menyenangkan untuknya.

Kalau mau traveling ke luar negeri cara tahu dimana alamat kantor kedutaan

Ini juga sangat penting, jika ternyata tujuan backpacker mu ke luar negeri maka wajib bagi kamu tahu di mana letak kedubes Indonesia. Percayalah, tempat ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk kamu saat melakukan aktivitas backcpacker di luar.

Bersikap ramah, dan berbau dengan warga setempat

Nah, buat para backpacker mendekati warga setempat adalah nilai plus. Kamu bisa mendapatkan keuntungan besar. Misalnya saja, kamu bertanya pada warga tentang tempat wisata mana yang bagus dan bisa dikunjungi dengan berjalan kaki, bisa saja mereka memberikan informasi tempat wisata tersembunyi yang belum pernah terpublikasi. Dengan begitu kamu bisa jadi orang pertama yang mem-viralkan lokasi tersebut. Kamu juga bisa loh mendapatkan keuntungan penginapan gratis jika mereka ramah dan menerima wisatawan yang datang.

Bawa kamera!

Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah kamera! Saat bacpakcer pastinya kamu akan menemukan moment langka yang tidak akan bisa terulang tapi kamu bisa mengabadikannya dengan kamera.

Jadi, kamu wajib banget bawa kamera, masa iya kamu nggak mau punya kenang-kenangan dari perjalanan travelingmu bersama teman?

Itulah tips menjadi backpacker pemula agar irit dan tidak mengeluarkan biaya berlebihan! Yang terpenting adalah susun semua perencanaan dan siapkan apa yang dibutuhkan agar perjalanan kamu terasa menyenangkan tanpa ada beban.

Post Comment