Indonesia merupakan negara yang kaya akan destinasi wisata alamnya. Pesona alam Indonesia sudah terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Dari mulai pantainya, pegunungungan dan yang akan kita cari tahu sekarang adalah wisata air terjun terindah di Indonesia yang wajib banget kamu kunjungi.

Air Terjun Madakaripura, Tempat Peristirahatan Terakhir Gajah Mada

Madakaripura merupakan salah satu air terjun yang ada di daerah Jawa Timur, tepatnya di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota Probolinggo. Ketinggian air terjunnya mencapai 200 meter, tertinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Konon tempat ini dulunya adalah tempat peristirahatan terakhir Gajah Mada dari Majapahit. Sedangkan nama Madakaripura merupakan nama tanah perdikan yang diberikan oleh raja Majapahit saat itu, dan merupakan hadiah yang diberikan pada Gajah Mada karena kerja kerasnya membela kerajaan dari ancaman serangan musuh.

Sumber : mauwisata

Keindahan alam dari air terjun Madakaripura tak dapat dipungkiri, lokasinya yang cukup jauh berada di kawasan pegunungan membuat tempat ini sangat terjaga keasriannya. Air terjun dikeliling dengan tumbuhan hijau, membuat udara dan air semakin terasa segar.

Untuk menuju ke air terjun ini kamu bisa melewati beberapa rute perjalanan:

  • Rute Surabaya: Kalau pergi dari Surabaya, kamu bisa langsung ke kecamatan Lumbang lewat jalur Pasuruan-Probolinggo. Sesampainya di Lumbang, kamu lanjutkan perjalanan menuju Desa Neogororejo. Jika sudah sampai di desa, kamu tinggal menanyakan lokasi air terjunnya pada warga sekitar, bisa juga menggunakan GPS, tapi karena memasuki kawasan pegunungan biasanya malah akan susah sinyal.
  • Rute terminal bus Probolinggo: Kalau kamu dari terminal bus antar kota Probolinggo kamu bisa lebih nyaman, karena ada beberapa angkutan yang memang akan mengarah langsung ke lokasi air terjunnya. Kamu bisa memilih angkutan dengan jurusan Lumbang-Bromo, kemudian turun di Lumbang, dan naik angkot lagi yang mengarah ke Madakaripura.

Air Terjun Moramo, Ditemukan Tahun 1980 Oleh Seorang Pemburu

Sumber : backpackerjakarta

Selanjutnya adalah air terjun Moramo, lokasinya ada di Desa Sumber Sari, jaraknya 45 km jika ditempuh dari Kendari. Untuk bisa mencapai lokasi wisata air terjun ini, wisatawan harus menyewa kendaraan, bisa motor atau mobil. Kalau menyewa kendaraan dari Kendari biasanya akan dikenakan tarif rata-rata 350 ribu.

Atau kalau mau yang lebih mahal kamu juga naik transportasi udara dari Bandara Wolter Mongunsidi dan mendarat di Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, dari sini kamu langsung melanjutkan perjalanan dengan trekking sejauh 2 km.

Air terjun Moramo ditemukan oleh salah satu warga setempat, pada tahun 1980 silam. Saat itu, warga penemu air terjun sedang berburu dan tak sengaja mendengar ada suara air. 10 tahun kemudian tepat ditahun 1990, air terjun ini resmi dijadikan sebagai objek wisata kendari. Mitos yang beredar di kalangan masyarakat air terjun ini merupakan tempat mandinya para bidadari.

Selama perjalanan trekking menuju lokasi air terjun, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih sangat asri dan menyegarkan. Sedikit berkeringat, namun akan terbayar saat kamu sudah sampai di lokasi air terjunnya. Aliran dari air melewati undakan anak tangga air terjun terlihat sangat indah, dan airnya juga sangat segar. Meskipun ketinggiannya masih lebih rendah dibandingkan air terjun sebelumnya, tapi keindahan Moramo sangat alami sekali, bak lukisan di atas kanvas.

Air Terjun Dua Warna, Menempuh Perjalanan 2-3 Jam

 

Setelah Kediri, kita pindah ke Sumatera Utara. Di sini kamu bisa menemukan air terjun terindah di Indonesia lainnya, yaitu air terjun dua warna. Seperti namanya, air terjun ini akan menampakkan pesona alam yang indah dengan gradasi warna berbeda, karena kandungan fosfor dan blerang di dalam airnya.

Airnya akan bercorak putih keabu-abuan dan biru mudah yang berasal dari mata air Gunung Sibayay, dengan mencapai ketinggian hingga 1.270 mdpl. Karena lokasinya di pedalaman hutan, untuk bisa menikmati keindahan alam air terjun dua warna kamu harus menempuh perjalanan selama 2 sampai 3 jam. Agar tidak tersesat di hutan sebaiknya kamu menyewa tour guide atau masyarakat setempat untuk mengantarkan ke lokasi.

Tapi tenang saja, rasa lelah selama perjalanan akan terbayar saat kamu sampai di lokasi air terjunnya. Kamu akan menemukan kolam yang besar, seperti di kolam renang karena warnanya kebiruan, sangat indah sekali.

Air Terjun Benang Kelambu

Pesona air terjun lainnya yang tak kalah indah dari air terjun sebelumnya adalah Benang Kelambu, lokasinya tepat di bawah kaki Gunung Rinjani. Air terjun ini ada di atas hulu air terjun Benang Stokel.

Sumber : pergiberwisata

 

Kamu akan melihat pemandangan langka, saat air terjun muncul di sela-sela pepohonan gambung, ada 6 titik air terjun yang jatuh langsung ke bawah. Kenapa dinamakan kelambu, karena saat airnya tercurah dari atas bukit akan terlihat sangat tipis, dan mirip kelambu. Suara air terjunnya pun tidak bising, jadi kamu tidak perlu berteriak saat ingin berbicara pada temanmu.

Itulah 4 air terjun terindah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Saat berwisata ke kawasan air terjun jangan lupa pakai sepatu gunung agar tidak terpeleset karena medan perjalanannya biasanya akan sangat licin, jangan lupa juga membawa jas hujan untuk melindungi tubuh dari guyuran air terjun.

Post Comment